Selasa, 28 April 2009

Pendidikan Abad 21

“MENYONGSONG PENDIDIKAN ABAD 21

CIRI PENDIDIKAN MASA DEPAN

Guru berfikir kritis

ü Bertugas mendidik murid agar menjadi manusia dewasa & tidak hanya memenuhi dunia.

ü Mahatma Gandhi : “Guru adalah agen perubahan dari apa

yang anda cari di dunia”.

ü Guru harus :

1. Fokus pada Potensi anak:

· Menggali minat bakat anak dengan cara memfasilitasi anak didik dengan kegiatan ekstrakurikuler yang tepat.

· Metode pembelajaran yang variatif.

· Mengarahkan minat dan bakat anak didik dengan cara pendekatan personal melalui kegiatan konseling (Guru BK)

· Melakukan tes IQ

Kesimpulan:

Ø Multiply Intelligent

Ø Team Work (Kerja Sama antara Orang Tua – Guru)

Ø Tidak memaksakan kehendak kepada anak

o Otak sebelah kiri è Daya nalar, Logika, Pengertian (Bukan sekedar nilai tinggi)

Ø Sarana Prasarana

2. Koqnitip, Emosi, Spiritual

· Koqnitip è Kecerdasan Otak

· Emosi è Pengendalian Diri

· Spiritual è Imtaq

Kesimpulan:

Ø Tingkat Spiritual (Imtaq) seorang anak mempengaruhi tingkat emosionalnya, dan tingkat emosional seorang anak menentukan koqnitipnya (kecerdasan Otak) sehinggga kecerdasan otak (Nilai akademis) dan Imtaq (Spiritual) seorang anak yang seimbang akan mengarah ke hal-hal yang positif Atau IPTEK & IMTAQ harus seimbang.

3. LIFE SKILL yang baik è adalah kemampuan seorang anak untuk beradaptasi dan terus mengasah kemampuan untuk menghadapi masa depannya.

Contoh : è Kemampuan membentuk Kelompok Kerja (Team Work).

è Kemampuan untuk berorganisasi (OSIS).

è Keinginan untuk terus menggali ilmu

Contoh : Ke toko buku, Perpustakaan, Browsing di Internet.

4. Penilaian Portofolio

Definisi Portofolio siswa : Lembar Kerja Siswa yang diberikan setelah

materi disampaikan kepada siswa.

Portofolio digunakan untuk mengukur sampai dimana kemampuan/daya tangkap anak dalam menerima meteri yang diberikan.

Contoh : è Pembuatan Kliping

è Karya tulis dan Rangkuman-rangkuman yang di mengerti dan

dipahami oleh anak itu sendiri.

5. Guru Sebagai Motivator, Fasilitator, Tutor

Guru sebagai :

Motivator è Pemberi Motivasi

Fasilitas è Pemberi Fasilitas

Tutor è Pemberi Arahan

Dalam pengembangan bakat dan potensi diri seorang anak

Guru adalah Pemberi Motivasi, Fasilitas dan Arahan untuk bakat dan pengembangan potensi diri anak / siswa.

6. Pembelajaran didasarkan cara pada kemampuan cara, gaya belajar dan perkembangan psikologi masing-masing siswa.

Siswa sebagai :

Periset è Peneliti / Penemu

Problem Solver è Penyelesai Masalah

Pembuat Strategi è Mencari cara / jalan keluar / Taktik.

Siswa diharapkan mampu membuat strategi dengan membuat root cause untuk mengidentifikasi dan mampu mencari jalan keluar (menjadi problem solver) / dengan melakukan riset / penelitian terhadap masalah tersebut.

Contoh : Global Warming, Sampah Bantar Gebang

Jadi dalam menyongsong pendidikan abad 21 kita ajarkan anak didik untuk senantiasa focus pada potensi anak :

· Penelitian

· Komunikasi

· Berpikir

· Sosial

· Mengatur diri sendiri.

Tidak ada komentar: